tiwi

  • Submitted By: tiwi
  • Pregnancy
  • 0
  • 813
  • 0

Cara mencegah agar bayi lahir tidak kelebihan berat badan

Hai bunda cantik, tahukah anda bahwa setiap ibu hamil memiliki peluang resiko melahirkan janin kelebihan berat badan. Masalahnya bagaimana cara membuat janin tidak kelebihan berat badan saat lahir nanti dan ini cukup penting karena obesitas sendiri terjadi akibat si ibu yang memiliki gula darah berlebih. Perlu disadari setiap wanita hamil akan mengalami kenaikan berat badan sebesar 10 - 17 kg jika pertambahan berat badan anda melebihi 18kg selama masa kehamilan maka peluang bayi lahir dengan obesitas semakin tinggi.

Cara mencegah agar bayi lahir tidak kelebihan berat badan

faktor penyebab bayi lahir kelebihan berat badan

berapakah berat badan bayi normal ketika lahir?

berat badan normal bayi ketika lahir adalah 2,5 - 3,5 kg jika lebih dari 4 kg bisa dikatakan bayi tersebut kelebihan berat badan.

ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut diantaranya sebagai berikut:

  1. bayi lahir melewati batas normal perkiraan yaitu lebih dari 42 minggu sedangkan normalnya adalah 9 bulan 10 hari atau 40 minggu.
  2. seorang ibu hamil memiliki riwayat penyakit diabetes melitus atau tingkat gula darah yang tinggi.
  3. faktor genetik atau keturunan.
  4. bayi lahir kembar atau lebih dari 2.
  5. seorang ibu yang memang menderita obesitas sehingga berpeluang besar bayinya juga akan terbawa obesitas.

lalu langkah apa yang bisa anda ambil untuk menghindari faktor tersebut?

jika anda memang seorang yang memiliki berat badan lebih sebaiknya kurangi konsumsi makanan yang terlalu banyak lemak dan kalori selama masa kehamilan seperti daging berlemak, gorengan, sate, dll

namun, jika anda memiliki riwayat penyakit diabetes sebaiknya untuk rajin cek ke dokter agar saat terjadi peningkatan gula darah bisa langsung terdeteksi.

apa yang terjadi jika bayi lahir dengan berat badan yang tinggi?

jika ini sampai terjadi akan cukup berbahaya bagi kesehatan anda dan bayi tentunya seperti yang telah saya rangkum dibawah ini:
a. mulut rahim anda bisa terjadi perobekan karena harus berkontraksi ekstra.
b. anda akan merasakan nyeri yang luar biasa ketka persalinan nanti.
c. menambah biaya persalinan jika sampai harus melakukan operasi caesar.
d. saat bayi lahir bisa kesulitan untuk bernafas.
e. pendarahan pasca persalinana
f. bahu bayi bisa tersangkut ketika hendak keluar.

cara mencegah agar bayi lahir tidak kelebihan berat badan

Dalam dunia kehamilan memang susah-susah gampang namun bila anda sudah pernah hamil mungkin akan terbiasa dengan keadaan ini. Menurut dokter ahli kandungan dan kebidanan Eddy Hartono mengungkapkan bahwa terjadinya obesitas pada janin saat lahir tak lepas dari peran ibunya saat hamil. beliau juga menambahkan tanda seorang bayi yang beresiko obesitas pertumbuhanya sangat cepat saat di dalam rahim dan perut sang ibu sangat besar seperti melahirkan anak kembar ternyata bukan. Namun, bagi ibu muda memang akan sedikit kebingungan oleh karena itu beberapa cara dibawah ini mungkin bisa anda terapkan untuk menghindari janin terlahir dengan kelebihan berat badan.

1. kurangi konsumsi glukosa
seringkali ibu hamil tidak menyadari kalau dirinya telah menderita diabetes maka dari itu pentingnya pemeriksaan kehamilan saat awal kehamilan. nah, bagi anda penderita diabetes yang sedang mengandung ada baiknya anda kurangi konsumsi makanan yang mengandung glukosa tinggi seperti nasi putih dan gula pasir.

2. Perbanyak aktifitas
dengan melakukan aktifitas rutin akan cukup membuang kalori yang masuk ke dalam tubuh tetapi anda juga harus berhati-hati jangan sampai terlalu berlebihan dalam melakukan aktifitas yang menguras fisik. aktifitas ringan seperti berjalan kaki, mengepel lantai, senam hamil adalah cara yang cukup efektif.

3. sering lakukan pemeriksaan
pemeriksaan selama kehamilan sebaiknya dilakukan secara bertahap untuk mengetahui kondisi perkembangan janin minimal 4 kali selama masa kehamilan. 1 kali saat trimester pertama, 1 kali saart trimester kedua, dan 2 kali saat memasuki trimester akhir. jadi jika ditemukan suatu kelainan bisa ditanggapi segera.

4. jaga pola hidup
maksud pola hidup disini adalah dengan mengatur semua makanan sehat untuk ibu hamil yang masuk ke dalam perut karena nantinya makanan tersebut juga harus dibagi dengan janin. faktanya, seorang wanita yang tengah hamil hanya memerlukan porsi makanan sebanyak 10 - 15% saja dari normal.

selain itu, tidur juga jangan sampai kurang idealnya waktu tidur untuk ibu hamil adalah 8 jam di malam hari dan 1 jam disiang hari. dengan menerapkan pola hidup yang tepat akan menghindarkan dari dampak buruk resiko kesehatan yang memburuk.

bagi sebagian besar wanita yang hamil tentu takut bayi terlahir memiliki kelebihan berat badan. rutin memeriksakan ke dokter kandungan adalah cara yang paling tepat daripada anda membaca artikel di internet (termasuk artikel ini). sekian semoga anda menjalani kehamilan dengan ceria, terima kasih bunda cantik.

 

Tags : penyebab obesitas pada bayi,berat badan bayi berlebih,bagaimana menjaga berat badan saat hamil tetapi janin tetap mendapat gizi dan janin tidak obesitas,pengertian obesitas pada bayi,obesitas pada ibu muda,bayi obesitas,apa yang akan terjadi pada bayi obesitas,cara menjaga bb bayi agar tidak obesitas,apa yang akan terjadi pada bayi kelebihan kalori saat bayi obesitas, apakah susu ibu hamil bisa berakibat obesitas untuk janin

source : hamilceria.com

loading...

Related posts

Related posts